Angin Kencang, Penerjun Payung TNI AU Mendarat di Genteng Warga

0

AKTUALITAS.com: Sebuah video amatir merekam detik-detik seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) yang tersangkut di rumah warga.

Dari penelusuran Aktualitas.com, Kamis (6/4/2017), video berdurasi satu menit itu diunggah di Youtube. Terlihat seorang prajurit sedang latihan terjun payung. Bagaikan malaikat yang turun dari langit, prajurit itu secara perlahan turun.

“Ini turunnya di sini sumpah,” kata netizen yang diduga merekam aksi tersebut.

Prajurit TNI yang mengenakan seragam lengkap serta menggunakan parasut itu terlihat kesulitan saat mengendalikan parasutnya. Dalam hitungan detik, prajurit tersebut mendarat di genteng warga. Suara genteng pecah pun terdengar.

“Pak, hati-hati pak,” teriaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Jemi Trisonjaya membenarkan insiden tersebut.  Menurut Jemi, penerjunan ini merupakan gladi bersih dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI AU.

“Sudah latihan dua hari dari kemarin. Ini gladi yang kedua,” tutur Jemi kepada wartawan.

Insiden ini terjadi karena faktor cuaca lantaran hembusan angin yang kencang. Penerjunan dilakukan sekitar pukul 10.10 WIB. Saat itu, kondisi angin dan cuaca cukup bagus. Tapi, tiba-tiba cuaca berubah sedangkan penerjun sudah keluar dari pesawat.

“Iya, karena angin cukup besar,” ujar Jemi kepada wartawan.

Seharusnya, lanjut Jemi, prajurit mendarat di pangkalan udara di paskhas AU. Namun, angin membawanya jauh dari lokasi pendaratan.

Jemi menuturkanm terjun payung statik sangat tergantung dari parasut serta kecepatan angin. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam insiden ini.

“Ada empat penerjun. Ada yang mengalami luka ringan. Masih dalam proses pengecekan dokter. Tapi yang jelas mereka sehat, nggak ada masalah,” tutupnya.

(SAN)

Komentar

Share.