Calon Haji Kecelakaan Bus di Mekkah

0
ka'bah

Foto: Kemenag.go.id

AKTUALITAS.com : Seorang anggota jamaah calon haji kelompok terbang 24 embarkasi Solo, Mudjijem Amat Sadjilah (73) meninggal karena kecelakaan bus yang ditumpanginya saat akan turun di Terminal Bus Ghazza, Mekkah, Sabtu (20/9) siang waktu Arab Saudi.

“Bus belum berhenti di tempatnya seharusnya berhenti. Pintu terbuka, jamaah turun,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pemulangan, Kedatangan dan Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, Subhan Cholid, di Mekkah.

Namun saat ibu turun bus bergerak sehingga terjatuh dan terlindas bus, katanya.

Ia mengatakan, jamaah dengan nomor paspor A8404471 terlindas bus shalawat (yang mengantar jamaah dari penginapan ke Masjidil Haram) di pintu terminal Bus Ghazza oleh bus Rhawahel jurusan Al Ghazza-Bakhutmah yang dikendarai sopir asal Sudan. Terminal Ghazza adalah terminal untuk menuju Masjidil Haram.

Subhan juga meminta jamaah berhati-hati saat naik bus apalagi dalam kondisi jamaah berjubel. Ia juga meminta petugas di lapangan untuk memastikan agar pintu bus dibuka pada saat bus berhenti sempurna dan tidak berangkat sebelum pintu ditutup.

Menurut informasi yang diperoleh, sopir tersangka sudah diamankan oleh kepolisian lalu lintas Arab Saudi.

Kronologis kejadian, saat bus memasuki pintu masuk terminal Al Gazza beberapa penumpang meminta sopir untuk menurunkannya. Kemudian sopir membuka pintu namun belum semua penumpang turun bus berjalan.

Korban terjatuh dan terlindas roda belakang bus. Selanjutnya korban dievakuasi dengan ambulans dan dibawa ke RSAS King Faisol. Kurang dari satu jam kemudian diterima info korban dinyatakan wafat. (Ant)

Komentar

Share.