Dewan Keamanan PBB Pantau Proses Damai Kolombia

0

AKTUALITAS.com: Para Duta Besar Dewan Keamanan PBB berkunjung ke Kolombia pekan ini untuk memantau kemajuan perlucutan senjata pemberontak FARC menjelang batas waktu pada 1 Juni.

Utusan-utusan dewan tersebut akan bertemu dengan Presiden Juan Manuel Santos dan Ivan Marquez, negosiator utama Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC), yang menandatangani kesepakatan pada tahun lalu untuk mengakhiri konflik terpanjang di Amerika Selatan.

Selama kunjungan tiga hari yang dimulai pada Rabu tersebut, mereka akan mendesak pelaksanaan kesepakatan damai dengan cepat setelah beberapa kali ditunda, yang diperburuk oleh bencana tanah longsor pada bulan lalu.

“Proses ini selalu bermasalah,” kata Duta Besar Uruguay Elbio Rosselli pada Senin (01/05) di sebuah konfrensi pers menjelang kunjungan tersebut.

“Kami yakin bahwa pesan yang ingin kami berikan terhadap proses itu pada dasarnya adalah ‘Anda harus terus melakukannya.'”

Di bawah kesepakatan damai Kolombia, FARC menyetujui sebuah batas waktu berdurasi 180 hari untuk menyelesaikan pelucutan senjata penuh, yang berakhir pada 1 Juni

Komentar

Share.