Dukungan HT ke Jokowi Bukan karena FPI, tapi Murni Alasan Politis

0

AKTUALITAS.com: Pengamat Politik Arbi Sanit menyebut alasan Perindo mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019 tak ada kaitannya dengan penolakan yang dilakukan ormas Islam kepada Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo (HT).

“Tidak ada urusannya (dengan penolakan ormas Islam),” kata Arbi saat dihubungi , Rabu (9/8/2017).

Diketahui, sebelum memutuskan mendukung Jokowi, ‎Ketua Umum Perindo sempat dibuat gerah oleh ormas Front Pembela Islam (FPI).

Saat itu, FPI mengecam keras ‎sikap Presidium Alumni 212 yang membela HT ke Komnas HAM.‎ Alhasil, dukungan untuk membela HT tak mendapat restu dari FPI dan beberapa ormas Islam lainnya.

Arbi menegaskan, kalaupun HT diterima oleh FPI dan kelompok ormas Islam lain yang kerap melakukan aksi, maka tak ada keuntungan yang diterima Perindo.

“Kalaupun diterima, apa untungnya secara politik? Justru malah akan merugi. Kan sekarang HTI sudah dibubarkan, FPI itu juga terancam dibubarin‎ kan,” papar dosen politik Universitas Indonesia ini.

‎Menurutnya, alasan berlabuhnya Perindo‎ itu murni karena alasan politis, yakni agar partai besutan HT itu bisa masuk ke parlemen dan masuk koalisi pemerintahan.

“Karena kalau masuk koalisi kan dia bisa terseret ke atas. Bisa duduk jadi anggota DPR atau kebagian jatah menteri,” tandasnya.

Komentar

Share.