Everton Maju Ke 32 Besar Liga Eropa

0

watermark fix copy tengahAKTUALITAS.com : Everton maju ke babak 32 besar Liga Europa sebagai juara Grup H melalui kemenangan 2-0 atas VfL Wolfsburg di Jerman pada Kamis (Jumat WIB).

Klub Liga Utama Inggris itu mengetahui bahwa mereka sudah membuka jalur menuju putaran 32 besar, ketika berita-berita menyiarkan bahwa pertandingan lain Grup H antara FC Krasnodar dan Lille di Rusia berakhir imbang 1-1.

Dan gol-gol dari dua pemain Belgia Romelu Lukaku dan Kevin Mirallas mengamankan kemenangan bagi “The Toffess” ketika mereka memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka menjadi delapan pertandingan, dan menggaransi tempat teratas di grup.

Pelatih Roberto Martinez melakukan empat perubahan terhadap tim yang mengalahkan West Ham United pada akhir pekan, di mana pemain muda Luke Garbutt, Samuel Eto`o, dan Aiden McGeady semuanya tampil sejak awal saat melawan Wolves.

Tuan rumah memenangi delapan pertandingan beruntun sebelum kalah dari Schalke pada akhir pekan, dan mereka mungkin sedikit tidak beruntung sehingga kalah di pertandingan ini, bahkan jika upaya Sylvain Distin mengenai mistar gawang pada awal pertandingan bagi Everton.

Ivan Perisic kemudian mencetak gol namun dianulir karena offside, meski keputusan offside itu kurang tepat, sebelum tim tamu kehilangan James McCarthy karena cedera otot paha belakang setelah bermain selama setengah jam.

Pasukan Martinez kemudian membuka keunggulan dua menit sebelum turun minum melalui serangan balik klasik menyusul tendangan sudut bagi Wolfsburg.

Mirallas menyentuh bola menuju jalur kompatriotnya Lukaku, yang terbukti terlalu kuat bagi Junior Malanda dan terlalu cepat untuk Perisic sebelum menuntaskan serangan dengan penyelesaian sempurna.

Gol yang dibukukan Wolfsburg kembali dianulir pada babak kedua, kali ini itu merupakan keputusan tepat, ketika Nicklas Bendtner memasukkan bola ke gawang pada situasi tendangan sudut.

Bagaimanapun, McGeady gagal mencetak gol saat mendapat peluang dan Everton kemudian memperbesar keunggulan mereka 15 menit sebelum pertandingan usai, ketika Lukaku memberi umpan untuk diselesaikan Mirallas.

Upaya Maximilian Arnold membentur tiang gawang pada peluang terakhir Wolfsburg, sedangkan Ross Barkley, yang tampil sebagai pemain pengganti, gagal mencetak gol akibat offside ketika Everton memastikan kemenangannya.

Dengan hasil ini berarti Wolfsburg akan tersingkir jika mereka kalah di Lille pada pertandingan terakhir fase grup dua pekan mendatang.

Di tempat lain, Dinamo Moscow mengalahkan PSV Eindhoven untuk mengamankan tiket ke putaran 32 besar sebagai juara Grup E.

Napoli juga melaju ke fase gugur setelah bermain imbang 0-0 di markas Sparta Prague di Grup I. Pasukan Rafael Benitez memiliki nilai yang sama dengan Sparta dan unggul satu angka dari Young Boys, namun tidak dapat disalip oleh kedua tim itu pada pertandingan terakhir.

Dynamo Kiev menang 2-0 atas tamunya Rio Ave untuk mengamankan kelolosan mereka dari Grup J, sedangkan Trabzonspor bergabung dengan Legia Warsawa ke fase gugur dari Grup L dengan menang 3-1 atas Metalist Kharkiv di Turki.

Bagaimanapun, juara bertahan Sevilla masih akan memerlukan angka pada pertandingan terakhirnya menjamu Rijeka untuk melaju dari Grup G, setelah mereka kalah 0-2 di markas Feyenoord di Rotterdam.

Tottenham Hotspur dan Celtic merupakan dua dari sebagian tim yang berniat mengunci tiket ke putaran 32 besar pada pertandingan yang dimainkan Kamis malam.

Komentar

Share.