Gedung Baru KPK, Hasil Partisipasi Rakyat Indonesia Kumpulkan Koin Tahun 2012

0

AKTUALITAS.com: Gerakan mengumpulkan koin pada 2012 lalu untuk pembangunan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru kini berbuah manis. Tahun ini, gedung KPK yang baru telah rampung dibangun.

“Banyak orang di gedung lama datang mengumpulkan Rp 500 sampai Rp 5000 dari berbagai pihak mulai dari pengamen, orang-orang dari beberapa daerah dan banyak lagi pihak-pihak yang lain karena gedung baru ini belum jelas nasibnya,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di gedung KPK baru, Minggu (19/2/2017).

Febri mengatakan, adalah prestasi yang luar biasa saat semangat rakyat Indonesia dari berbagai kalangan mampu mewujudkan mimpi besar ini.

“Ini sebagai pengingat kita bersama bahwa ratusan pegawai di sini tak akan bisa meneruskan perjuangan memberantas korupsi kalau tidak ada dukungan dan komitmen dari koin-koin yang sudah disumbangkan beberapa tahun yang lalu,” tandasnya.

Sebagai informasi, gerakan pengumpulan koin ini berlangsung pada tahun 2012, saat KPK berencana membangun gedung baru. Namun, rencana ini terhambat di DPR RI yang tak kunjung menyetujui alokasi anggaran pembangunan.

Masyarakat yang menganggap sikap DPR ini sebagai upaya menghambat pemberantasan korupsi, memutuskan untuk melawan dengan mengumpulkan koin. Gerakan ini berakhir pada Oktober 2012, dan berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 403 juta.

Komentar

Share.