Gedung Kelurahan Pondok Kopi Sangat Memprihatinkan

0
Gedung Kelurahan Pondok Kopi

Gedung Kelurahan Pondok Kopi

AKTUALITAS.com : Gedung Kelurahan Pondok Kopi yang berlokasi di Jalan Arabika III Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur kondisi bangunannya kian memprihatinkan. Walaupun kerusakan sudah berlangsung cukup lama, bangunan tiga lantai saat ini belum juga kunjung diperbaiki. Padahal terlihat jelas bangunannya sudah terlihat rusak dan kumuh.

Pantauan Aktualitas.com, kerusakan kantor Lurah Pondok Kopi sudah terlihat dari bagian depan bangunan, catnya sudah terlihat kusam dan sebagian besar sudah terkelupas, begitu juga dengan lantai keramiknya banyak yang telah pecah.

Begitu juga dengan kusen pintunya sudah keropos, kanopi sisi timur dan belakang sudah ambruk. Bahkan sisi barat juga kanopinya hampir ambruk dan ini bisa mengakibatkan korban jiwa.

Menurut salah seorang cleaning service kelurahan Pondok Kopi yang bernama Idhup , dengan kondisi bangunan rusak seperti itu tentunya kenyamanan bagi aparat pemerintah dalam melayani masyarakat menjadi terganggu. Bangunan yang mulai dibangun tahun 1990 ini butuh perbaikan segera, agar masyarakat dan pegawai Kelurahan dapat beraktifitas dengan normal.

“Kanopi timur ambruk sudah seminggu lalu, kalau yang belakang sudah setahunan, yang sisi Barat juga kena angin kencang juga ambruk,”kata Idhup pada Aktualitas.com, di Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (5/7/14).

Dikesempatan yang sama Wakil Lurah Pondok Kopi Husni Abdullah tidak menampik kondisi kantornya yang sangat memprihatinkan. Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1990 itu memang butuh pembangunan gedung baru.

“Perencanaan pembangunan gedung kelurahan tersebut memang sudah diajukan sejak tahun 2012 namun, karena ada perubahan angaran menggunakan system  e- katalog maka yang tadinya sudah direncanakan melalui system paket tidak bisa dilaksanakan.

“Sebelumnya direncanakan menggunakan sistem paket, dimana Konsultan dan Kontraktor satu paket. Pada tahun 2014 perubahan menggunakan e-katalog. Maka ditunda pembangunannya. Ya, kemungkinan tahun depanlah,”kata Husni.

Husni mengakui tidak dapat melakukan renovasi karena tidak dianggarkan ditahun sebelumnya. Renovasi terakhir pun sudah dilakukan di tahun 2012.

“Karena saat ini ada perubahan sistem penganggaran pihaknya mengaku harus menunggu sampai awal tahun depan untuk mulai pembangunan kantor kelurahan tersebut,”ujarnya.

Sementara Kepala Bagian Tata Perkotaan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur Andi Ahmad Kohar, ketika Aktualitas.com, konfirmasi terkait kondisi bangunan kantor kelurahan Pondok Kopi kian memprihatinkan ini melalui telepon selulernya tidak dapat dihubungi.

Penulis : Winarko

 

Komentar

Share.