IIMS 2016, Bukan Sekedar Pameran

0

AKTUALITAS.com: Geliat pameran otomotif di tengah perekenomian yang kurang bersemangat belakangan ini memang menjadi perjudian tersendiri bagi penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS). Namun bukan berarti penggila mobil kehilangan selera untuk mencoba pengalaman baru dengan produk-produk otomotif yang terus berkembang.

Sebut saja dealer kenamaan PT Honda Prospect Motor (HPM) yang berhasil membukukan penjualan di atas 15 ribu unit pada dua bulan pada awal tahun 2016. Pada Januari 2016 HPM membukukan total penjualan 19.404 unit, sementara pada bulan Februari sebanyak 18.500 unit. Berdasarkan siaran persnya, HPM banyak ‘ditolong’ oleh dua produk baru mereka yakni Honda BR-V dan HR-V.

Hal tersebut setidaknya bisa membuat keyakinan sendiri bahwa Industri otomotif di Indonesia tetap bergairah. Selalu ada penghargaan bagi setiap inovasi.

Seperti halnya inovasi-inovasi para produsen mobil dan para penjualnya. Pameran otomotif di Indonesia seperti IIMS pun tak ingin kalah. Tantangan untuk membuat sebuah pameran otomotif lebih berwarna agar diminati oleh sejumlah kalangan menjadi sesuatu yang tidak mudah, namun memungkinkan. Seperti usaha yang dilakukan oleh penyelenggara IIMS 2016 yang menyisipkan banyak ‘fitur’ dalam pamerannya.

Road Safety Children

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 menyajikan program edukasi Road Safety for Children dengan konsep bermain sekaligus menanamkan disiplin dan pengetahuan dasar lalulintas untuk anak usia 6-12 tahun.

Program Road Safety for Children disiapkan khusus untuk pengunjung IIMS 2016 yang membawa keluarga di mana anak-anak bisa bermain di taman yang dilengkapi mobil dan rambu lalulintas kemudian diajarkan tentang dasar-dasar berlalulintas oleh pengajar dari Korlantas Polri.

Staf Korlantas Polri yang bertugas di Road Safety for Children, AKP Rina, mengatakan program itu gratis dan tersedia setiap hari di IIMS dari pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.  “Kami punya metode sendiri dalam pelaksanaannya,” kata AKP Rina.

“Hal utama adalah menanamkan karakter kuat pada anak bahwa tertib lalulintas bukan hanya kepatuhan rambu, tapi juga kepedulian pada aspek keselamatan, tata krama, dan hormat kepada pengguna jalan lainnya,” tutur AKP Rina.

Selain Road Safety for Children juga ada Military Zone yang melibatkan anggota TNI untuk sigap menjelaskan kendaraan-kendaraan tempur yang dipamerkan di IIMS.

Rock Crawling

Rock Crawling Warfare persembahan IOF dan Scooter GP 2016 seri ke-2 ikut menyemarakkan IIMS karena seru ditonton dengan konsep lintasan yang menantang.

Pada ajang Rock Crawling, bakal ada juga nuansa berbeda karena salah satu peserta adalah Ronny Johnsen asal Norwegia yang akan tampil khusus pada pukul 12.00 WIB.

Johnsen adalah mantan pemain timnas Norwegia dan Manchester United (MU) pada 1996-2002 yang diutus klub Premier League itu ke IIMS 2016 untuk kerjasama dengan Gulf Oil.

Movie Cars

Sejumlah mobil-mobil dari deretan film ternama hadir meramaikan International Motor Show (IIMS) 2016 yang diselenggarakan di Jexpo Kemayoran, Jakarta.  Movie Cars pendatang baru seperti dari film Madmax, Flinstone, dan Scooby Doo bersanding dengan nama-nama lama yang tahun lalu juga turut meramaikan IIMS, yakni  mobil Batman.

Military Zone

Jika satuan Polri telah berpartisipasi dalam pameran IIMS ini dalam Road Safety Children, satuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tak ingin ketinggalan.

Di arena outdoor, para anggota TNI di Military Zone siap menyambut para pengunjung dengan kegagahannya.

Mereka akan dengan sigap menjelaskan segala sesuatunya seputar kendaraan-kendaraan tempur yang dipamerkan. Seperti tahun lalu, zona ini jadi salah satu ajang favorit untuk berfoto-ria.

Selain fitur acara seperti di atas, tentunya deretan produk-produk baru dari sejumlah produsen mobil menjadi satu hal yang tak bisa ‘ditolak’ sebagai salah satu pesona IIMS.

Pada Jumat kemarin, sederet produk teranyar juga diluncurkan, antara lain Toyota Sienta, Honda All New Civic, New Honda Brio, New Honda Brio RS, New Honda Accord, Mercedes-Benz V-Class, Hyundai New Tucson, Hyundai New H-1, New MINI Clubman. Untuk kendaraan roda dua, BMW Motorrad meluncurkan model terbaru K 1600 GT.

Jadi tunggu apa lagi?

Komentar

Share.