Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018

0

Asian gamesAKTUALITAS.com : Sidang umum Komite Olimpiade Asia (OCA) yang berlangsung di Incheon, Sabtu, secara resmi menetapkan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

“Tadi baru secara resmi disetujui Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo kepada wartawan seusai sidang OCA di Incheon.

Rita menjelaskan pada sidang OCA, Indonesia mendapat dukungan dari 42 negara di antara 45 negara peserta Asian Games. “Ada 42 negara yang mendukung kami, dan ketua OCA memberi arahan bahwa Indonesia siap dan diterima oleh kongres untuk menjadi tuan rumah,” katanya.

Dalam pidatonya saat peresmian tuan rumah Asian Games 2014 itu, Rita Subowo menyatakan Jakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Barat siap melaksanakan event olahraga akbar Asia empat tahunan itu. Di sela-sela acara sidang itu, juga ditayangkan pidato Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang juga menyatakan tentang dukungan terhadap Asian Games.

Dalam tayangan video layar lebar, pengunjung sidang disuguhi presentasi tentang kondisi kesiapan ketiga provinsi itu untuk ditempati sebagai tuan rumah. Seusai sidang, Rita juga mengatakan bahwa Tiongkok sangat mendukung Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Bahkan Tiongkok menawarkan kepada para atlet Indonesia untuk berlatih di negaranya,” ujar Rita.

Sebelumnya, Indonesia mendapat “lampu hijau” menjadi tuan rumah Asian Games 2018, menyusul mundurnya calon tuan rumah Vietnam, dimana Indonesia juga menjadi salah satu negara peserta “bidding`.

Persiapan Jakarta

Menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018, Jakarta, sebagai kota penyelenggara, masih menyisakan banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, salah satunya yakni mengenai pembangunan stadion Taman BMW yang tak kunjung dimulai. Sebelumnya Ahok menyatakan Pemprov DKI Jakarta akan memepercepat pembangunan Stadion BMW yang akan digunakan untuk pembukaan Asian Games 2018 mendatang.

Maket Rencana Stadion BMW (Ahok.org)

Maket Rencana Stadion BMW (Ahok.org)

Pembangunan Stadion BMW sempat menimbulkan polemik di DKI Jakarta. Beberapa permasalahan yang timbul antara lain belum selesainya urusan sengketa lahan di lokasi pembangunan, juga selisih paham perihal pengurusan dokumen perizinan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga. Namun Pemprov DKI Jakarta optimistis dapat menyelesaikan pembangunan Stadion yang diklaim akan menjadi stadion terbesar se-Asia Tenggara tersebut dalam waktu empat tahun.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang juga hadir di pertemuan di Incheon itu mengatakan, DKI bertekad akan menyelesaikan pembangunan yang ada, bukan hanya urusan Stadion BMW “Nanti semua harus selesai, pembangunan MRT, relokasi warga serta menghilangkan rumah-rumah kumuh, itu nanti akan selesai semua,” kata Ahok.

“Masalah sungai-sungai, pembangunan dan lainnya itu dalam empat tahun ini sudah selesai,” lanjutnya.

Ketika ditanya tentang pembangunan perkampungan atlet, Ahok menyangkal akan melakukan itu. “Kami akan membangun apartemen bukan perkampungan atlet untuk Asian Games. Setelah selesai event, apartemen itu akan dijual kepada umum,” pungkas Ahok.

Selain DKI Jakarta, penyelenggaraan Asian Games 2018 juga akan dibantu Provinsi Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin yang juga hadir di Incheon mengatakan, Palembang sudah siap menjadi tuan rumah. “Kami punya venues yang dulu dipakai untuk SEA Games 2011, kondisinya masih cukup layak untuk dipakai bertanding,” kata Alex Noerdin.

Credit : Madhan

Komentar

Share.