IndoStrategi Usul Tiga Figur Ini Jadi Menteri di Kabinet Jokowi

0

Ilustrasi KabinetAKTUALITAS.com : Lembaga Riset IndoStrategi mengusulkan sejumlah nama calon menteri kepada Presiden Terpilih Joko Widodo berdasarkan temuannya. Penelitian tersebut dinamakan riset ‘Kabinet Trisakti’

“Kami melakukan riset beografi dari tokoh potensial yang selama ini muncul ke publik dan wawancara mendalam terhadap 30 pakar baik di bidang politik, hubungan internasional, budaya, hukum, ekonomi dan pertahanan,” kata Direktur Eksekutif IndoStrategi Andar Nubowo, dalam diskusi publik Kabinet Trisakti, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Dari hasil penelitiannya kata dia, setidaknya ada tiga kementerian yang dianggap mampu mengentaskan berbagai persoalan kebangsaan Jokowi-JK. Jokowi-JK dinilai perlu memiliki figur-figur yang kompeten untuk menduduki kementrian strategis seperti Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Untuk posisi Menteri Kelautan dan Perikanan, kami (IndoStrategi) menjagokan Rokhmin Dahuri. Dia cocok karena punya pengetahuan luas di bidangnya. Dan dia pernah juga menempati jabatan menteri KKP di Kabinet Gotong Royong,” paparnya.

Untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga, Andar menjagokan tokoh dari PP Muhammadiyah, yaitu Abdul Munir Mulkhan.

“Munir Mulkhan pantas menduduki jabatan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga. Dia intelektual muslim yang melahirkan puluhan karya, konsisten di bidang pendidikan, dan tak pernah bersentuhan dengan korupsi,” jelasnya.

Lebih lanjut untuk Kementerian Kesehatan, IndoStrategi menjagokan mantan Wali Kota Bontang, Kalimantan Timur, Andi Sofyan Hasdam.

Untuk diketahui, IndoStrategi memunculkan, tiga nama itu dari hasil riset desain Kabinet 2014-2019, mulai 5 Agustus hingga 5 September 2014. Riset itu menggunakan metode penggalian data berupa biografi dari tokoh potensial yang muncul di publik, wawancara 30 pakar dari berbagai bidang, serta focus group discussion dengan para pakar dan meta analisa data.

Penulis : Yunisa

Komentar

Share.