Irjen Kemhan Periksa Pesawat Tempur Super Tucano

0

AKTUALITAS.com: Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Inspektorat Jenderal (Wasrik Itjen Kemhan) yang dipimpin Letjen TNI Agus Sutomo melakukan pemeriksaan rutin ke `home base` pesawat tempur EMB314 Super Tucano.

Pemeriksaan dilakukan di Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang, Jawa Timur, Senin.

Kunjungan kerja Itjen Kemhan yang didamping tiga anggota tim Itjen Mabes TNI Angkatan Udara ke Skadron Udara 21 dan diterima Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Julexi Tambayong ini difokuskan pada pesawat EMB314 Super Tucano dan Simulator Super Tucano.

Komandan Lanud Abd Saleh dalam sambutannya menyampaikan, pada hakekatnya pengawasan dan pemeriksaan wasrik merupakan salah satu fungsi manajemen dalam melihat sejauh mana pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan maupun rencana program kerja ke depan.

“Dari hasil pengawasan dan pemeriksaan ini diharapkan Lanud Abd Saleh mendapat masukan dan input perbaikan demi penyempurnaan program kerja ke depan,” kata Julexi.

Wasrik Itjen Kemhan ini sesuai surat Irjen Kemhan nomor B/505/VII/2017 tanggal 5 Juli 2017 tentang taklimat awal wasrik fasilitas di Mabes TNI AU, salah satunya Lanud ABD Saleh.

Sebelumya telah dilaksanakan Taklimat awal di Baranahan Kemhan dan mulai tanggal 10 hingga tanggal 19 Juli semua tim Irjen dilaksanakan secara simulkan sesuai spot masing-masing.

Sebelumnya diketahui bahwa pada 10 Februari 2016 lalu, pesawat Super Tucano buatan negeri Samba, Brazil itu jatuh ke permukiman penduduk di kawasan Blimbing, Kota Malang saat uji terbang atau test flight setelah pemeliharaan pesawat yang telah menempuh 300 jam terbang hingga menyebabkan penghuni rumah meninggal dunia.

Sementara Pilot Mayor Penerbang Ivy Safatillah serta teknisi mesin Serma Syaiful Arief Rakhman juga meninggal.

Komentar

Share.