Irjen Yotje Mende Dicopot dari Jabatannya, Buntut Insiden Tolikara?

0
Surat telegram rahasia yang berisi mutasi jabatan Kapolda Papua Irjen Yotje Mende (Kanugrahan)

Surat telegram rahasia yang berisi mutasi jabatan Kapolda Papua Irjen Yotje Mende (Kanugrahan)

AKTUALITAS.com: Kapolda Papua Inspektur Jenderal Yotje Mende dicopot dari jabatannya. Ia akan digantikan oleh Kapolda Papua Barat, Brigjen Paulus Waterpauw.

Berdasarkan surat telegram rahasia nomor KEP: 647/141/2015/ 30-7-2015 yang dikeluarkan Mabes Polri, tertulis soal mutasi jabatan di perwira tinggi Polri tersebut. Selanjutnya, Yotje akan menjabat sebagai Perwira Tinggi Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri untuk persiapan dirinya pensiun.

Sedangkan untuk Kapolda Papua Barat yang ditinggal Paulus, akan diisi bekas Dirlantas Polda Metro Jaya Brigjen Royke Lumowa yang saat ini menjabat sebagai Asisten Departemen Koordinasi Penanganan Daerah Konflik dan Kontijensi di Kemenkopolhukam.

Belum jelas, apakah mutasi Yotje ini akibat sebagai buntut insiden kerusuhan di Tolikara, Papua, atau bagian persiapan dirinya dalam mengikuti seleksi sebagai pimpinan KPK.

“Besok bisa ditanyakan ke Kapolri langsung,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Agus Rianto kepada wartawan Kamis (30/7/2015).

Jumat esok pagi pelantikan dan serah terima jabatan akan dilangsungkan di Rupatama Mabes Polri yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Komentar

Share.