Jelang Lebaran Stok Beras Masih Aman

0

anggota-Komisi-IV-DPR-RI-sidak-di-pasar-induk-cipinangAKTUALITAS.com : Walikota Jakarta Timur Krisdianto mengatakan, kunjungan kerja komisi IV anggota DPR RI ke Pasar Induk Beras Cipinang merupakan bentuk keperdulian Pemerintah terhadap ketersediaan pangan khususnya beras dalam rangka menghadapi bulan puasa dan hari raya Idul Fitri.

“Ketersediaan pangan khususnya beras di pasar beras Cipinang ini sangat mencukupi dan harganya pun tidak terlalu naik tinggi hanya naik sedikit dan wajar saja menjelang hari raya Idul Fitri, para pedagang memang memanfaatkan event seperti ini tetapi kenaikannya tidak mencapai satu persen,”kata Krisdianto di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (22/7/2014).

Menurut Krisdianto, stok pangan sangat mencukupi untuk bulan puasa sampai lebaran, dan bahkan sampai tujuh hari kedepan setelah lebaran stok beras masih cukup dan hal ini tentu patut disyukurinya.

“Untuk kualitas beras sendiri cukup terjaga dimana kualitasnya bagus semua, seperti dikatakan oleh Dirut PT. Food Station bahwa, jika ada kualitas beras yang jelek maka harganya akan sangat jatuh sekali, itu disebabkan para pedagang beras masih menyimpan stok beras kualitas bagus,”ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Tim anggota komisi IV DPR RI, E. Herman Khaeron, mengatakan, komisi IV sudah menghasilkan undang undang yang merupakan revisi undang undang nomor 7 tahun 1996 tentang undang undang pangan didalamnya adalah mewajibkan Pemerintah dan daerah untuk menyeduakan stok dan stabilisasi harga agar tetap terjaga.

“Untuk itu kami dari Komisi IV DPR RI terus memantau terhadap sentra sentra penyedia pangan termaksud melakukan kunjungan mendadak ke pasar induk beras cipinang untuk memastikan bahwa stok beras menjelang lebaran masih aman,”katanya.

Herman berharap, kedepannya Pemerintah Jakarta ini memiliki Jakarta food stock yang bisa dijadikan stok seperti bulog, bahawa undang undang pangan telah mewajibkan Pemerintah daerah di harapkan untuk membangun stok stoknya supaya juga kedepan akan jaminan pangan dapat dijaga dan harga tetap stabil.

“Tidak hanya beras yang stabil, untuk daging sapi, daging ayam, telor, cabe, bawang, minyak goreng harganya relatif stabil dan memiliki stok yang cukup sampai lebaran,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT Food Station Cipinang Jaya Dwi Antono mengatakan untuk stok beras sampai lebaran cukup dan harganya pun relatif stabil, sedangkan untuk kualitas beras di Pasar Induk Beras Cipinang semua bagus.

“Jika ada beras yang kualitasnya jelek masuk pasar sudah dipastikan harganya akan jatuh karena para pedagang masih menyimpan stok beras dengan kualitas bagus cukup banyak. jadi pilihan buat mereka yang memiliki beras kualitas jelek adalah dibayar sangat murah atau dibawa pulang kembali. Untuk harga di Pasar Induk Beras Cipinang dan Pasar Induk Kramat Jati komoditas beras IR I Rp. 8.857 dan IR II Rp. 8.200, IR III Rp. 7400, setra Rp. 10.600, cabe merah keriting Rp. 7.357, cabe merah Rp. 10.143, cabe rawit merah Rp. 10.571, cabe rawit hijau Rp. 8.429, bawang merah Rp. 17.714 ,”kata Dwi.

Penulis : Winarko

Komentar

Share.