Jelang Pemilu 2019 Forum Warga Siap Kawal

0

Aktualitas,Jakarta – Untuk meningkatkan pengawalan dalam pesta demokrasi lima tahunan yang bernama pemilu,Bawaslu bersama komunitas berdiskusi tentang sistem pengawasan sukarela pemilihan umum indonesia yang bertujuan untuk mendekatkan masyatakat dalam persoalan-pesoalan pengawasan pemilu.

Forum Warga bisa ambil bagian didalam menjaga pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2019. Forum warga nantinya akan menjadi salahsatu model baru didalam meningkatkan pengawasan partisipasi masyarakat untuk mengawal penyelenggara pemilu.

“Peran warga negara dalam pengawasan adalah penting demi terwujudnya penyelenggara pemilu, sehingga berjalan baik dalam setiap tahapan,” ujar Kordiv Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu, M. Afifuddin saat diskusi Komunitas dengan Bawaslu RI Tentang Pengawasan Sukarela Pemilihan Umum di Indonesia di bilangan Sarinah Thamrin, Rabu (18/10/2017)

Afifuddin menyebutkan, Program forum warga dilatarbelakangi masih banyaknya masyarakat yang belum memahami hak dan kewajiban didalam partisipasinya sebagai warga negara. Dimana minimnya kesadaran hak dan kwajiban politik mengakibatkan respon masyarakat dalam proses politik belum maksimal.

“Oleh karena itu Bawaslu penting bisa melakukan indentifikasi terhadap banyaknya forum warga yang eksis dimasyarakat. Identifikasi dilakukan dengan tindaklanjut menjalin kerjasama dalam pengawasan pemilu,” ujarnya.

Komentar

Share.