Jokowi Harus Buktikan Diri Sebagai Presiden

1
Presiden RI ke-7 Joko Widodo. Foto/Andrika Saputra/Aktualitas.com

Presiden RI ke-7 Joko Widodo. Foto/Andrika Saputra/Aktualitas.com

AKTUALITAS.com : Polemik penangkapan Bambang Widjoyanto (BW) oleh Polri, mendapat tanggapan Direktur Eksekutif Matriks Indonesia, Agus Sudibyo.

Menurut Agus, pemimpin yang kuat, tangguh dan berkualitas, tidak lahir dari situasi yang normal, tetapi dari situasi krisis, dari kondisi politik yang penuh konflik dan persoalan. Dalam konteks inilah, Presiden Jokowi hendaknya menempatkan peristiwa penangkapan Bambang Widjoyanto sebagai batu ujian bagi kepemimpinannya.

“Jokowi harus membuktikan diri sebagai pemimpin yang sanggup bertindak bijaksana dan otonom meskipun sedang berada dalam tekanan dan dilema,” tegasnya di Jakarta, Sabtu (24/01/2015).

Bagi Agus, inilah momentum yang tepat untuk membuktikan bahwa Presiden Jokowi memang berhutang budi kepada beberapa pihak, namun tidak berarti dengan demikian dapat selalu disetir oleh pihak pihak itu.

Apalagi, kata Agus, untuk urusan yang sangat penting dan tak bisa ditawar-tawar, menyelamatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan gerakan pemberantasan korupsi.

Inilah saatnya bagi Jokowi untuk sedikit demi sedikit melepaskan diri dari pengaruh PDIP, Megawati, dan lain-lain untuk kemudian menjadi dirinya sendiri.

“Sekali lagi, pemimpin yang kuat memang selalu lahir dari situasi krisis,” tukasnya.

Komentar

Share.