Kemdagri Sosialisasikan Toponimi di Jakarta Utara

0

watermark fix copy tengahAKTUALITAS.com : Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menyosialisasikan toponimi atau ilmu penamaan unsur geografi (rupabumi) kepada 125 aparat pemerintah kota Jakarta Utara.

“Kami ingin meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah kota, kecamatan, kelurahan dalam toponimi agar mereka mengetahui pentingnya pembakuan nama rupabumi,” kata Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara Nana Hendriatna di Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Ia menjelaskan pembekalan yang bertajuk “Sosialisasi Toponimi bagi Aparatur Pemerintah Kota, Kecamatan, dan Kelurahan” tersebut guna memberi pengetahuan pada aparatur untuk mencatat dan menginventarisasi nama unsur rupabumi di wilayah mereka.

Aparatur pun dapat menyajikan data dan informasi yang akurat mengenai nama rupabumi di seluruh wilayah.

Selain itu, dengan adanya pengetahuan toponimi yang dimiliki dapat menciptakan kesamaan pengertian mengenai nama rupabumi di Indonesia.

“Pembakuan nama rupabumi menjadi penting untuk dikaji karena berkaitan dengan tertib adminisrasi daerah dan pemerintahan,” kata Sekretaris Administrasi Kota Jakarta Utara Junaedi.

Ia mengungkapkan wilayah tertib administrasi masih dibingungkan dengan ketidakjelasan batas wilayah sehingga masyarakat yang ingin mengurus surat dan perizinan tidak terarah.

Pada tahun 2015, Pemerintah Kota Jakarta Utara berupaya membuat pemetaan setiap kelurahan dengan rincian batas RW yang termasuk dalam wilayah administrasi.

Sebanyak 125 aparat Pemerintah Kota Jakarta Utara yang terdiri atas suku dinas, kantor/badan, kecamatan, dan kelurahan diharapkan mengenal identitas unsur alam di wilayahnya setelah mengikuti sosialisasi tersebut.

Komentar

Share.