Kerusuhan di Penjara Venezuela, Narapidana Curi Senapan Mesin Sipir

0

AKTUALITAS.com: Sebuah penjara di Venezuela, tepatnya di negara bagian Anzoategui, dilanda sebuah kerusuhan besar, Rabu (26/4/2017) silam. Akibat kerusuhan ini, setidaknya 12 orang tewas dan 11 lainnya luka-luka.

Menurut laporan Kementerian Lembaga Pemasyarakatan Venezuela, kerusuhan tersebut disebabkan oleh padatnya jumlah tahanan. Selain itu, sistem pemenjaraan di Venzuela juga menjadi kambing hitam dari kerusuhan ini.

“Dipastikan 12 orang tewas. Sembilan tertembak, dua orang overdosis narkoba, dan seorang lainnya tewas akibat luka-luka serius,” ujar seorang juru bicara dari pihak Kementerian Lembaga Pemasyarakatan Venezuela, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (26/4/2017).

Pemerintah Venezuela mengungkapkan bahwa insiden ini disebabkan oleh perang antargeng di dalam penjara. Kerusuhan kian memuncak usai para narapidana mencuri persenjataan milik sipir, seperti senapan mesin dan juga sejumlah granat.

“Kerusuhan ini dipicu oleh sebuah transisi sistem dalam penjara. Mereka yang tidak setuju dengan transisi ini bertempur dengan mereka yang menyetujuinya,” sambung juru bicara yang tidak disebutkan namanya itu.

Hingga saat ini, kerusuhan di dalam penjara yang namanya belum dirilis ke publik tersebut dikabarkan telah berangsur normal. Meski begitu, jumlah korban jiwa masih diperkirakan terus bertambah.

(Andreas Pratama)

Komentar

Share.