Lakukan Hal Kecil Ini, Anda Akan Dapatkan Manfaat Besar

0

AKTUALITAS.com: Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang berbeda, biasanya suatu kebiasaan tumbuh dari karakter yang terbentuk dalam diri seseorang. Kebiasan dibagi menjadi beberapa bentuk, ada kebiasaan baik, dan kebiasaan buruk. Yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah kebiasaan kecil tapi memiliki nilai manfaat yang besar. Banyak orang yang tidak menyadari tentang manfaat kebiasaan – kebiasaan ini, padahal kebiasaanmengandung manfaat yang luar biasa. Seperti apakah kebiasaan itu ?

1. Senyum
Apakah kamu telah terbiasa melakukan ini ?, kalau belum maka kamu harus menjadikan ini sebagai kebiasaan. kelihatannya senyum adalah hal sepele, namun senyum akan membaha hal positif untuk diri sendiri atau orang lain. Senyum juda dibagi menjadi beberapa bagian, ada senyum bahagia, ada senyum sedih, ada pula senyum yang dibuat buat. Yang kami maksud disini adalah senyuman tulus. Selain memberikan energi positif, ternyata senyum juga memiliki beberapa kebaikan lain yaitu :

1. Senyum dapat memprediksi panjangnya usia Sebuah penelitian tahun 2010 menunjukkan korelasi kekuatan senyuman 150 pemain Major League Baseball dengan panjang usia mereka. Penelitian didasarkan pada 150 foto-foto mereka dari tahun 1952. Mereka yang dianggap memiliki senyum Duchenne (asli, berseri) memiliki hidup rata-rata selama 80 tahun. Mereka yang hanya setengah tersenyum, hidup sampai sekitar usia 75. Sisanya yang sama sekali tidak tersenyum masuk dalam kelompok usia 72. Tentu saja senyum itu sendiri tidak menyebabkan umur panjang, tulis Psychology Today dalam situsnya, tetapi dengan tersenyum menunjukkan bagaimana orang-orang menjalani hidup mereka.

2. terlihat lebih muda Ternyata senyum dapat membuat kita menjadi terlihat lebih muda, hal ini tentunya sudah dibuktikan berdasarkan penelitian. Belanda melakukan penelitian pada 481 peserta yang membuat berbagai bentuk wajah yang berbeda. Dan ternyata senyum lah yang membuat wajah peserta terlihat lebih muda, juka dibandingkan dengan akspresi muka biasa

3. Jika anda perempuan, anda akan terlihat menarik
Peneliti menemukan bahwa kaum Adam menilai kaum Hawa menjadi semakin menarik manakala melihat foto mereka dengan ekspresi senyum dibandingkan dengan foto ekspresi lainnya. Namun sebaliknya, penelitian pada tahun 2011 yang dimuat dalam jurnal Emotion tersebut menemukan bahwa wanita lebih tertarik dengan pria dengan ekpressi kaku dibandingkan yang berekspresi senyum

2. Salam
Salam merupakan kebiasaan baik yang dicontohkan langsung oleh nabi Muhammad, yang tentunya mangandung manfaat yang luar biasa. Salam berarti doa, dengan mengucap salam berarti kita telah mendoakan seseorang. Sabda Nabi Muhammad “Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”

1. Salam mengingatkan kita bahwa kita semua bergantung kepada Allah SWT. Tak satupun makhluk yang bisa mencelakai atau memberikan manfaat kepada siapapun juga tanpa perkenan Allah SWT.
2. Perhatikanlah bahwa ketika seseorang mengatakan kepada anda, Aku berdoa semoga kamu sejahtera. Maka ia menyatakan dan berjanji bahwa anda aman dari tangan (perlakuan)nya, lidah (lisan)nya, dan ia akan menghormati hak hidup, kehormatan, dan harga-diri anda.

3. Menyapa
Kebiasaan ini mungkin sudah sangat jarang diterapkan dalam kehidupan sehari hari, apalagi dikota kota besar. Inilah yang harusnya kita bangun kembali, karena menyapa adalah kebiasaan nenek moyang kita yang wajib kita lestarika. Dahulu bangsa kita adalah bangsa yang terkenal akan sopan santunnya, sedangkan menyapa adalah salah satu kebiasaan yang mencerminkan sikap sopan santun. Selain itu sapaan juga merupakan sebuah penghargaan bagi siapa saja yang menerimanya.

4. Mengucapkan Terimakasih
Satu lagi kegiatan yang sangat ringan dilakukan, tapi luar biasa manfaatnya yaitu mengucap terimakasih, tapi tetap saja ada orang yang enggan mengucapkan terimakasih. Padahal kebiasaan ini mengandung nilai yang luar biasa, seperti menghargai orang lain.Setiap orang yang mendapatkan ucapan terimakasih pastilah orang tersebut akan merasa bahwa dirinya berguna bagi orang lain.

(Sumber)

 

Komentar

Share.