Larangan Motor Melintas di Jalan Protokol akan Dipermanenkan

0

AKTUALITAS.com: Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya serius untuk menerapkan wacana memperpanjang larangan kendaraan roda dua untuk melintas di sepanjang jalur Hotel Indonesia (HI) hingga Bundaran Senayan.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra menjelaskan, pemerintah berhak membatasi kendaraan bermotor seperti diatur dalam Pasal 133 ayat 3 UU Lalu Lintas tentang pembatasan kendaraan di jalan protokol maupun umum.

Pasal tersebut berbunyi “pembatasan lalu lintas dapat dilakukan dengan pengenaan retribusi pengendalian lalu lintas yang diperuntukkan bagi peningkatan kinerja dan peningkatan pelayanan angkutan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”.

“Kami buat bertahap, pertama tahap apa yang harus dilakukan, lalu sosialisasi, kemudian uji coba dan evaluasi. Setelah itu, baru dilaksanakan,” ujar Halim di Jakarta, Jumat, (11/8/2017).

Kendati demikian, Halim belum memastikan mulai kapan sepeda motor akan dilarang secara resmi melintas di jalan protokol Kota Jakarta itu.

Namun, dia berharap dengan pelarangan kendaraan roda dua tersebut bisa mengurai kemacetan yang sering tak terhindarkan di ruas jalan tersebut.

“Nanti akan kami pikirkan langkah selanjutnya. Pengkajian terus dilakukan,” ujarnya.

“Karena jangan sampai larangan tersebut justru hanya akan memindahkan kemacetan di ruas jalan lain,” tambahnya.

Komentar

Share.