Mimpi Indonesia Emas, AHY: Bayangkan di New York Ada Pecel Lele

0

AKTUALITAS.com: Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menekankan tiga unsur penting dalam mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045. Hal tersebut ia sampaikan saat meresmikan The Yudhoyono Institute di ballroom Djakarta Theatre Kamis malam.

“Di Indonesia emas, kita akan makmur dan setara dengan negara lain. Ada tiga kuncinya, pertama indonesia harus benar menjadi aman dan damai dari gangguan manapun sampai transnasional,” kata AHY di ballroom Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017) malam.

Dalam hal pengamanan, mantan anggota TNI AD ini menekankan pentingnya memperkuat tentara-tentara nasional Indonesia mengingat Indonesia termasuk negara majemuk yang rentan dengan konflik.

“Harus bisa menjadi daya tangkal. Indonesia juga harus mengembangkan dan menggunakan soft power melalui diplomasi. Polri diperkuat penindakan dan transaksi transnasional. Harus tegas dan tidak tebang pilih,” tegasnya.

Yang kedua, lanjut suami Annisa Pohan ini, negara harus adil dan sejahtera melalui pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan berkeadilan.

“Pembangunan ekonomi harus dilakukan secara inklusif. Sekuat-kuatnya kita membangun, tidak boleh meninggalkan lingkungan kita, lingkungan yang tetap hijau di tengah globalisasi,” tutur AHY.

Kunci yang ketiga, Indonesia harus maju dan mendunia dengan basis teknologi yang tinggi. Mendunia lanjut Agus, bukan berarti kehilangan jati diri.

“Bayangkan, Taylor Swift menggunakan pakaian batik, tapi maaf ini hanya photoshop,” ujarnya tersenyum seraya menunjuk gambar penyanyi asal Amerika Taylor Swift yang direkayasa.

“Kemudian bayangkan di Times square ada nasi uduk pecel lele cabang New York. Bayangkan ada restoran nasi Padang di New York. Kita bangga meskipun hanya berukuran 10×10 meter,” tandasnya disambut tepuk tangan para hadirin.

Komentar

Share.