Panglima TNI Hadiahi 3 Gubernur dengan Senjata Api

0

AKTUALITAS.com: Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Gubernur NTB Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi dan Gubernur NTT Frans Labo Raya mendapat senjata api dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Senjata tersebut diberikan melalui Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal Komarudin Simanjuntak di Makodam IX/Udayana Jalan Raya Puputan, Denpasar, Kamis (10/8/2017).

Jenderal Komarudin mengatakan pemberian senjata api jenis P3 buatan Pindad itu sebagai bentuk penghargaan dari Panglima TNI kepada para Gubernur lantaran telah bersedia mengikuti serangkaian kegiatan pembekalan, latihan dan pembaretan saat latihan PPRC TNI tahun 2017 di Natuna.

“Ini bentuk penghargaan kepada beliau-beliau yang sudah dengan ikhlas mengikuti latihan bersama,” ujarnya di Makodam IX Udayana, Puputan, Denpasar.

Senjata api tersebut telah dibubuhkan para nama Gubernur dan nantinya akan diberikan peluru sebanyak 20 butir. Komarudin menjelaskan bahwa senjata tersebut diberikan secara pribadi kepada para Gubernur.

“Ini untuk pribadi Gubernur, kalau dia nanti tidak menjabat lagi sebagai Gubernur itu masih miliknya,” tambahnya.

Tujuan diberikannya senjata api buatan Pindad itu tak lain untuk menjaga situasi aman, mampu melindungi diri dari segala bentuk gangguan yang mengancam keselamatan para Gubernur.

Izin kepemilikan senjata api untuk tujuan keamanan dan melindungi diri ini hanya diberikan kepada pejabat tertentu sesuai dengan Perppu No. 20 Tahun 1960 tentang kewenangan perizinan yang diberikan menurut undang-undang mengenai senjata api harus dipilih secara efektif dan selektif.

“Nanti korem yang menjabat akan mengurus izin lanjutannya, kalau mau dipakai harus izin dahulu,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada para Gubernur untuk mengutamakan faktor keamanan dalam penyimpanan dan pembawaannya karena senjata api tersebut harus digunakan sesuai dengan prosedur dan dilengkapi administrasi kepemilikan senjata.

“Nanti mereka akan kasih laporan kepada kami, bahwa senjata ini masih bagus masih terawat. Saya jamin para Gubernur tahu kapan senjata ini digunakan kapan tidak,” tandasnya.

Komentar

Share.