PPATK Bantah Ada Transaksi Mencurigakaan ke Partai Politik

0
Ketua PPATK, M Yusuf  (Istimewa)

Ketua PPATK, M Yusuf (Istimewa)

AKTUALLITAS.com : Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan  (PPATK) membantah menemukan transaksi mencurigakan ke partai politik untuk dana kampanye Pemilu Legislatif, 9 April lalu.

“Saya koreksi, sebenarnya yang kita temukan itu bukan transaksi mencurigakan,” kata Ketua PPATK, M Yusuf di Gedung DPR, Selasa (10/6/2014).

Terkait transaksi mencurigakan tersebut, kata dia, Badan Pengawas Pemilu pun menyurati PPATK untuk mendapatkan informasi sebenarnya.

“Jadi, masih normal semua, enggak ada yang aneh.” jelasnya.

Namun, Yusuf tak membantah, jika aliran dana ini berasal dari pejabat publik. Menurutnya, hal tersebut lumrah karena pejabat itu mentransfer uang ke partainya sendiri dengan total di bawah Rp 1 miliar atau wajar.  Walaupun, beberapa kali bertransaksi.

“Kayaknya gaji dia dipotong terus gitu.” paparnya.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR, Rabu (4/6/2014) lalu, Ketua Bawaslu, Muhammad mengatakan, menerima laporan keuangan mencurigakan dari PPATK terkait dana kampanye parpol pada Pileg lalu.

Namun, Muhammad tidak menjelaskan detail aliran dana mengucur dari pejabat publik ke partai politik peserta Pemilu ini.

“Saya hanya menerima laporan dari PPATK, bahwa ada laporan mencurigakan menunjuk orang-orang yang punya jabatan. Jadi, itu yang membuat saya kaget,” katanya.

Penulis : Ambao

Komentar

Share.