Saudi Tangkap 11 Pangeran Terkait Demo Antilangkah Penghematan

0

AKTUALITAS.com: Pihak berwenang Saudi menahan 11 pangeran yang memprotes langkah-langkah penghematan kerajaan tersebut dan yang dapat diadili, menurut lansiran sebuah situs berita yang terkait dengan pemerintah, Sabtu (06./01).

Sabq melaporkan bahwa para pangeran itu, yang tidak disebutkan namanya, melakukan demonstrasi di istana kerajaan Riyadh yang bersejarah, Qasr al-Hokm, menentang keputusan pemerintah untuk menghentikan pembayaran tagihan air dan listrik anggota keluarga kerajaan.

Mereka juga menuntut “kompensasi finansial” setelah salah satu dari sepupu mereka dipidana karena kejahatan yang tidak jelas.

Para pangeran dipindahkan ke penjara berpengamanan tinggi Ha’ir di ibu kota “menjelang persidangan mereka,” menurut laporan Sabq, mengutip narasumber yang tidak disebutkan namanya.

Sabq mengatakan para pangeran sudah “diberi tahu mengenai kesalahan tuntutan mereka, tapi mereka menolak meninggalkan Qasr al-Hok,” mendorong para penjaga kerajaan untuk turun tangan dan menangkap mereka.

Pejabat Saudi yang dihubungi AFP pada Sabtu belum bisa dimintai keterangan.

Arab Saudi memberlakukan serangkaian langkah penghematan selama dua tahun terakhir untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran karena anjloknya harga minyak global menyebabkan defisit anggaran.(mr/ik/antara)

Komentar

Share.