Tiga Bulan Buron,Kejari jaktim Tangkap Terpidana Korupsi Mesin Gurinda

0

Aktualitas, Jakarta-Tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Jakarta Timur membekuk terpidana Selamat T Siagian di rumah kontrakannya di Kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Selamat sendiri merupakan buronan Kejari Jaktim sejak Oktober 2017 karena kabur saat hendak dieksekusi jaksa.
Penangkapan terpidana Salamat langsung dipimpin oleh Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Jaktim, Deny Achmad. Sementara Deny mengatakan, penangkapan terpidana dilakukan setelah tim memantau kurang lebih selama sepekan. Saat pemantauan berlangsung, petugas sempat mengalami kesulitan, pasalnya terpidana kerap kali kabur dan berpindah tempat.

Dalam kasus ini terpidana Salamat T Siagian meminjam bendera PT Kharisma Troposindo Makmur Abadi untuk menjadi tender pengadaan barang berupa mesin gurinda pada Badan Pendidikan dan Pelatihan (BPPK) Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur bersama dengan 2 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lainnya yakni Prolie Rusdekawati dan Ridwani sebagai panitia pengadaan, dengan nilai kontrak sekitar Rp 2 miliyar pada tahun 2010.

Dalam kasus ini Mahkamah Agung telah mengeluarkan putusan Kasasi Nomor 676/PID.SUS/2015 tanggal 16 Februari 2016. Dalam putusannya, terpidana terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah jika melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dengan merugikan negara senilai Rp 767 juta.

Dalam putusan MA, terpidana Salamat Siagian divonis 4 tahun, 6 bulan penjara dan denda Rp 200 juta, Sub 6 bulan penjara dan uang pengganti Rp 250 juta Sub 1 tahun.

Komentar

Share.