Wagub DKI: Masjid Kalijodo Akan Dibangun Ulang

0

AKTUALITAS.com: Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan Masjid Jami` Al Mubaarokah yang berada di kawasan Kalijodo wilayah Jakarta Barat akan dibangun ulang.

Dirinya menjelaskan, masjid tersebut tetap akan difungsikan sebagai tempat ibadah yang menunjang rencana pembangunan ruang terbuka hijau.

“Disesuaikan desainnya dengan taman di sini nanti,” kata dia, Senin (29/2/2016)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penertiban kawasan Kalijodo yang berada di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat untuk kemudian dijadikan ruangan terbuka hijau, ruang publik terpadu ramah anak, jogging track, dan lapangan futsal.

Masjid Jami` Al Mubaarokah di Jembatan II Barat RT 07 RW 10 Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, tidak ikut dibongkar karena dibangun di atas tanah wakaf.

Pihak pemerintah provinsi nantinya akan menjalin komunikasi dengan para pengurus Masjid Al Mubaarokah untuk diajak bekerja sama merenovasi tempat ibadah tersebut.

Sementara itu, salah satu warga sekitar Kalijodo, Slamet, mengatakan Masjid Al Mubaarokah memang memiliki sejarahnya sendiri di wilayah Kalijodo.

Menurut dia, masjid tersebut sudah digunakan masyarakat sekitar untuk beribadah sejak tahun 1980-an.

“Dahulu pada awalnya berupa gubug, kemudian dibangun dan direnovasi sendiri oleh warga hingga menjadi seperti sekarang ini,” kata pria yang akrab disapa Mat Ompong tersebut.

Komentar

Share.