Wow.. Sumbangan Kampanye Jokowi-JK Capai Rp 40 miliar

0
Pasangan Jokowi - JK mendapatkan nomor urut dua dalam pilpres 9 Juli mendatang. Penetapan nomor urut ini dilakukan KPU di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Minggu (1/6/2014).

Pasangan Jokowi – JK mendapatkan nomor urut dua dalam pilpres 9 Juli mendatang. Penetapan nomor urut ini dilakukan KPU di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Minggu (1/6/2014).

AKTUALITAS.com : Kandidat Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) dengan Jusuf Kalla (JK) secara mengejutkan menerima dana sumbangan rekening kampanye mencapai hampir Rp 40 miliar.

Ketua Tim Pemenangan Pasangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo mengatakan, sumbangan sebesar itu didapatkan dari masyarakat berbagai lintas profesi yang memiliki beragam profesi yang memang perduli terhadap perjuangan Jokowi-JK.

“Ada yang memberi seribu rupiah, ada yang sepuluh ribu rupiah, sekarang hampir 40 miliar rupiah,” ujar Tjahjo dalam seminar Nasional bertajuk “Peluang Capres Pemilu 2014” yang dihelat oleh magister komunikasi – universitas Mercu Buana, di bilangan Cikini, Kamis (12/6/2014)

Jika dilihat, penambahan dana sumbangan kampanye pasangan Jokowi dan JK ini terbilang cepat. Sepekan sebelumnya, Tjahjo mengatakan kalau rekening pengumpulan dana kampanye terbuka bagi masyarakat telah terkumpul lebih dari Rp.27 miliar. Saat ini dana tersebut sudah terkumpul hampir 40 milliar.

Tjahjo juga mengungkapkan, dari sumbangan yang diterima ada sekira Rp 9 miliar sumbangan di rekening yang tidak bisa dipertangungjawabkan karena tidak disebutkan sumbernya.

Namun begitu pihaknya akan terus melakukan audit dan sumbangan yang tidak disebutkan sumbernya akan mereka berikan untuk kas negara. Pasalnya, mereka tak ingin melanggar peraturan yang telah ditentukan mengenai penerimaan sumbangan.

“Mungkin akan kita kembalikan ke negara. Kita akan mengikuti aturan yang ada, kita berikan kas negara. Mungkin dapat dijadikan bantuan sosial,” tuturnya.

Sebelumnya capres PDI Perjuangan, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan membuka rekening untuk masyarakat yang hendak membantu memberikan dana kampanye. Pasalnya rekening tersebut akan terus dapat dipantau melalui akun sosial media dan terus diupdate dari tiga rekening yang sudah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 Penulis : Kanaya

Komentar

Share.